Mengenal Urban Exploration



Mengenal Urban Exploration
Urban Exploration atau disingkat URBEX adalah sebuah kegiatan berpetualang untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang terbuang dan jauh dari sifat komersil. Biasanya kelompok URBEX atau UE ini mengamati reruntuhan bangunan yang sudah ditingggalkan manusia.
Kegiatan ini memiliki resiko yang sangat tinggi diantaranya cedera fisik, ancaman hukuman, penangkapan, pelanggaran privasi Negara, hingga kematian. Namun itu semua tidak terlalu dipentingkan bagi para urban explorer ketika meraka berhasil mendapatkan bukti visual yang bernilai jutaan dollar.
Target utama dari para urban explorer adalah tempat terbuang, kota mati, rumah sakit tua, station, terowongan, lokasi pertambangan yang tersebar diberbagai negara. Kegiatan ini ternyata diminati oleh sejumlah praktisi seperti fotograper atau sinematografer.
Beberapa pekerja film horor, pembuat animasi game, film dokumenter adalah yang paling sering membutuhkan jasa para URBEX. Kegiatan URBEX kini sudah menjadi komoditi siaran televisi macam Discovery Channel, MTV’s Fear, Ghost Hunting, dan beberapa film Box Office seperti Skyfall.
URBEX people memiliki ciri khas dari segi foto dan editing yang biasanya nampak agak gelap dan properti yang digunakan biasanya yaitu Smoke Bomb, Topeng, Street Wool dan Masker.
Teknik yang digunakan saat mengambil objek foto URBEX yaitu:
1.       Fokuskan gambar pada bidang yang atau tempat yang di explore
2.       Foto harus fokus pada tempat yang di explore
3.       Orang yang terlibat harus berpakai tertutup.
Yang paling penting dalam sebuah foto Urban Explorer adalah pada tahap editing biasanya menggunakan Adobe Lightrom mobile(untuk penggunaan di Handphone) dan Lightroom (Untuk penggunaan diPC) karena feature yang cukup lengkap untuk memperkaya foto. Yang belum punya bisa download disini atau di Playstore. Untuk masuk ketahap editing masuk sini


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Urban Exploration"

Post a Comment